search

Kamis, 21 Juli 2011

Antara Memaafkan, Dimaafkan dan Minta Maaf

Waktu itu adalah hari menjelang ujian nasional. Ujian final. Ujian penentuan sukses tidaknya gue sekolah 12 tahun. Ato lebih tepatnya 11 tahun karna gue waktu SMP ikut program akselerasi haha.

Berbekal ilmu yg gue pelajarin selama ini, gue memantapkan diri menyambut datangnya hari itu. Namun gue merasa ada yg kurang. Ya, ada usaha ada doa. Usaha sih udah gue maksimalin dengan ikut les lah, belajar kelompok lah, dan blablabla. Sementara doa sebenernya sih udah gue lakuin tiap hari. Tapi gue ngerasa ada yg kurang nih kalo cuma sendirian.

Gue pun minta maaf sama semua temen2 gue, guru2 gue, dan smua org yg gue kenal. Tak lupa juga gue nitip doa sama mereka *gak mau rugi.

Tiba giliran gue minta maaf sama kluarga gue. Karna gue hidup di kalimantan, sedangkan banyak kluarga gue yg tinggal di jawa, gue pun cuma bisa ngomong lewat handphone. Tapi itu semua terwakilkan kok biar cuma lewat hp hehe.

Ngobrol sama mereka bikin gue terharu. Apalagi sampe bikin gue hampir mneteskan air mata. Setelah gue minta maaf, tak lupa gue nitip permohonan di stiap doa mereka. "mudahan gue lulus dengan nilai yg memuaskan".

Akhirnya hari itu pun tiba. Gue bangun lebih awal. Semangat berkobar kobar sampai bikin pemadam kebakaran bertugas. Solat udah, doa oke, mandi beres, sarapan ludes, tapi kok gue ngerasa ada yg kurang hmm.

Ya, gue malah belum minta maaf sama kluarga kecil gue. Tepatnya ortu gue. Gue rada malu mnta maaf sama mereka, gak tau juga knapa. Tapi buat masa depan, gue beraniin diri.

Pertama sih gue cegat bapak gue di belakang. Gue samber tangannya dan gue bilang "pa, gandu hari ini ujian, gandu minta maaf, mohon doanya ya". Bapak gue pun jawab "ya hati2 jawabnya, teruskan semangatmu nak". Ini adalah kalimat yg sangat memotivasi gue. Kami pun berpelukan dan nangis bareng. *gak deng becanda hahaha. Tapi bener lo gue hampir nangis saking terharunya.



Lalu pas mau berangkat gue pamit sama ibu gue. Sekalian aja gue minta maaf. "ma, mohon doanya buat ujian, gandu minta maaf". Sambil menahan air matanya ibu gue bilang "diteliti njawabnya, jangan buru2". Karna gak bisa nahan air mata gue langsung sujud di kaki beliau. Gue cium telapak kakinya sambil netes air mata. Ibu gue jadi ikutan nangis. Beliau pun membangunkan gue "sudah2 cepet berangkat, adikmu dah nunggu". Akhirnya gue berangkat ngantar adik gue.

Selama perjalanan gue keinget terus ama kejadian itu. Bahkan pas di sekolah bina malah ngira gue kurang tidur. Alhamdulillah akhirnya gue lulus dgn nilai yg bagus.

Terserah kalian mau nilai gue apa. Cengeng lah, melankolis lah, apa lah. Yg pasti itu adalah hari yg paling mengharukan di hidup gue. Itu juga pertama kalinya gue nyium kaki org yg paling berjasa di hidup gue. Sudahkah kalian? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar